Hasil Quick Count 01 Unggul, Akankah Jokowi Effect Muncul Lagi?

Jakarta – Hasil penghitungan cepat atau quick count sementara dari mayoritas lembaga survei mengunggulkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Hasil itu disebut-sebut memberikan dampak ke pergerakan nilai tukar Rupiah.

Pada saat penghitungan quick count kemarin dibarengi juga dengan mata uang garuda mengalami penguatan. Bahkan dolar AS sudah tinggalkan level Rp 14.000-an.

Kondisi ini hampir mirip dengan Pilpres 2014. Saat itu Jokowi-JK menang, kemudian memberikan dampak positif termasuk ke pergerakan nilai tukar rupiah.

Lalu apakah fenomena yang dulu disebut Jokowi Effect itu akan terulang lagi?

(das/ang)

Babak I: Porto Vs Liverpool Sementara 0-1

Porto – Babak I pertandingan leg II perempatfinal Liga Champions antara FC Porto dan Liverpool sudah kelar. Untuk sementara The Reds unggul 1-0.

Dalam pertandingan di Estadio Do Dragao, Kamis (18/4/2019) dinihari WIB, Porto langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit awal. Tendangan Marega pada menit keempat langsung mengancam gawang Liverpool.

Tiga menit kemudian, percobaan Marega juga masih belum membuahkan hasil. Sama halnya dengan percobaan Danilo pada menit ke-10, masih meleset dari target.

Marega melewatkan peluang lagi pada menit ke-15. Umpan silang dari Alex Telles sudah terukur. Tendangan pemain nomor punggung 11 itu dari dalam kotak penalti masih menyamping.

Hingga menit ke-20, Liverpool belum mampu menekan. Belum ada percobaan yang dilepaskan dalam data dari situs resmi turnamen. Sementara itu, Porto sudah melepaskan tembakan sebanyak sembilan kali, dua mencapai sasaran.

Liverpool mencetak gol pada menit ke-26. Umpan Mohamed Salah dari dalam kotak penalti, diselesaikan Sadio Made dengan jitu.

Gol Mane itu sempat tak disahkan wasit, tapi berkat bantuan video assistant referee akhirnya Liverpool diberi keunggulan 1-0. Gol itu merupakan percobaan pertama Liverpool ke gawang Porto.

Porto terus mencoba menyamakan kedudukan. Peluang berikutnya hadir pada menit ke-40, Jesus Corona yang melepaskan tembakan. Bolanya masih pelan menuju pelukan kiper Liverpool, Alisson Becker.

Percobaan James Milner untuk Liverpool pada masa injury time masih melenceng. Peluang itu sekaligus menutup babak pertama. Liverpool unggul 1-0 saat jeda, hingga memimpin agregrat 3-0.

Susunan Pemain

FC Porto: Casillas; Militão, Pepe, Felipe, Alex Telles; Corona, Danilo, Herrera, Otávio, Brahimi; Marega.

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Milner, Wijnaldum; Mané, Salah, Origi. (cas/yna)


Megawati: Beribu Terima Kasih ke Kader-Simpatisan-Rakyat yang Dukung 01

Jakarta – Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dari versi hitung cepat (quick count), pasangan nomor urut 01 itu unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019.

“Kami ingin mengucapkan beribu terimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah mendukung 01,” ujar Megawati dalam jumpa pers di kediamannya, Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Pada jumpa pers ini, Megawati ditemani dua anaknya yang merupakan politikus PDIP Prananda Prabowo dan Puan Maharani. Turut hadir pula Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soedjono.

Megawati optimis hasil hitung cepat tak akan jauh berbeda dari perhitungan hasil KPU nanti. Ia meyakini Jokowi akan tetap melanjutkan memimpin Indonesia 5 tahun ke depan.
“Kalau saya lihat dari begitu meriahnya, mudah-mudahan tentunya saya berharap, karena saya juga mendukung beliau terus Pak Jokowi, mudah-mudahan nanti hasil KPU yang digelar itu tentunya dapat Pak Jokowi meneruskan tugasnya sebagai presiden Republik Indonesia kembali,” tutur Megawati.

Meski begitu, Presiden RI ke-5 itu mengimbau kepada para pendukung untuk tidak euforia. Megawati meminta pendukung Jokowi-Ma’ruf menunggu pengumuman resmi kemenangan dari KPU RI.

“Seperti tadi yang presiden telah katakan bahwa Pak Jokowi sebagai capres masih tetap memgikuti dan akan menunggu hasil keputusan resmi dari KPU,” sebutnya.

Sekali lagi Megawati mengucapkan selamat kepada seluruh pendukung Jokowi, termasuk kader PDIP serta simpatisan. Ia juga mengapresiasi pihak-pihak lainnya.

“Sebagai ketua umum saya ingin mengucapkan beribu terima kasih atas kerja sama kita. Kepada media, media cetak, TV, maupun medsos dan sebagainya,” kata Megawati.

“Dan juga kepada seluruh kader, simpatisan, rakyat yang telah bersusah payah selama ini untuk memberikan yang terbaik bagi nusa dan bangsa,” tutupnya.
(elz/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pedangdut Caca Duo Molek Nyoblos di Rutan Polda Metro: Pilih Nomor 01 Dong

Jakarta – Artis-artis yang terjerat kasus narkotika dan masih mendekam di rumah tahanan Polda Metro Jaya ikut memberikan hak pilih mereka di tempat pemungutan suara (TPS) yang disediakan. Pedangdut Duo Molek, Caca Wulan Sari ikut nyoblos dan menunjukkan pilihanya, yaitu nomor 01.

“(Pilih) nomor satu dong,” kata Caca usai nyoblos di TPS, rutan narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Caca sempat terlihat heran saat dirinya ingin mencoblos. Pasalnya sudah ada banyak awak media yang menunggu untuk mengabadikan momen artis-artis yang ditahan di rutan Polda Metro untuk mencoblos.
Usai nyoblos, Caca terlihat difoto oleh salah satu anggota polisi yang berjaga. Sempat berkelakar, Caca meminta petugas polisi itu untuk mengulang memfoto dirinya.

Pedangdut Caca Duo Molek Nyoblos di Rutan Polda Metro: Pilih Nomor 01 DongFoto: Jupiter Fortissimo (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)

“Ah jelek muka aku, sumpah jelek banget, kurusin, Pak,” kelakar Caca.

Setelah itu, Caca nampak bergegas kembali masuk ke selnya. Namun, Caca sempat berpose satu jari dan memamerkan jari satunya lagi yang sudah tercelup tinta kepada awak media.

Selain Caca Duo Molek, pesinetron Jupiter Fortissimo juga terlihat ikut nyoblos di TPS itu. Setelah nyoblos, ia tidak mau berkomentar dan langsung bergegas masuk ke dalam sel tahanannya kembali.

Diketahui, sebanyak 538 tahanan yang mendekam di rutan Polda Metro Jaya sudah terverifikasi oleh KPU dan diperbolehkan ikut mencoblos. Pencoblosan di rutan sendiri dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Polda Metro Jaya menyiapkan 2 TPS khusus untuk para tahanan. Personel yang berjaga mulai dari personel kepolisian yang biasa menjaga rumah tahanan, Brimob hingga Densus 88 dan semua personel berjumlah 103 personel.
(sam/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

FOTO: Pendukung 01 Putihkan Stadion GBK

1/7

Pendukung pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Jokowi – Ma’ruf Amin saat memadati Stadion Gelora Bung Karno (SGBK), Jakarta, Sabtu (13/4). Ribuan orang berkumpul untuk menghadiri kampanye akbar pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Liputan6.com/Angga Yun

KPU Cek Temuan Surat Suara Mayoritas Tercoblos 01 di Selangor Malaysia

JakartaKPU masih mengecek temuan adanya surat suara yang tercoblos di Selangor, Malaysia. Temuan ini sebelumnya dilaporkan Panwaslu Kuala Lumpur ke Bawaslu.

“Kami sedang konfirmasi kejadian persisnya dan bagaimana sebetulnya yang terjadi. Kami sedang konfirmasi ke Pokja PPLN untuk mengecek terlebih dahulu, karena kami baru mengetahui video tersebut,” ujar komisioner KPU Ilham Saputra saat dihubungi, Kamis (11/4/2019).

KPU menurut Ilham sudah memerintahkan panita pemilihan luar negeri (PPLN) untuk mengecek kronologis terkait surat suara tercoblos itu.

“Jadi tunggu konfirmasi KPU, kami harus menunggu informasi dari PPLN apa yang sedang terjadi sebenarnya,” katanya.

Karena itu, tindaklanjut atas temuan akan ditentukan setelah KPU menerima informasi lengkap.

“Ya kita tentu saja lihat terlebih dahulu, siapa yang melakukan, kalau sudah tahu siapa yang melakukan, tentu saja kami akan melakukan tindakan-tindakan sesuai peraturan perundang-undangan yang ada. Kita pecat sesuai dengan temuan-temuan, dan kita kemudian serahkan kepada DKPP, atau kita menunggu rekomendasi Bawaslu terkait kejadian tersebut,” jelas Ilham.

Sebelumnya Ketua Panwaslu Kuala Lumpur, Yazza Azzahra mengatakan sudah melaporkan temuan surat suara tercoblos di Selangor ke Bawaslu pusat.

Surat suara itu dibungkus dalam kantong-kantong plastik berwarna hitam yang diletakkan di ruko di Bangi, Selangor. Dari pengecekan awal, ditemukan juga ada surat suara Pileg yang sudah tercoblos.

“Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01 dan juga ada di Pileg untuk NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu,” kata Yazza diminta konfirmasi terpisah.
(zap/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ronaldo Bikin Gol, Ajax vs Juventus Sementara 0-1

Jakarta – Juventus memimpin 1-0 atas Ajax pada babak I di Johan Cruyff Arena, Kamis (11/4/2019) dinihari WIB. Gol Cristiano Ronaldo di menit akhir jadi pembeda.

Jalannya Pertandingan

Juventus langsung menebar ancaman di menit kedua lewat Federico Bernardeschi. Sepakan kerasnya dari depan kotak penalti masih melesat ke atas gawang.

Ajax merespons di menit keenam. Hakim Ziyech memainkan umpan satu-dua dan melepaskan tembakan mendatar yang masih berakhir ke samping gawang.

Tuan rumah menekan balik Juventus dengan baik saat tak menguasai bola, membuat tim tamu cukup kesulitan menciptakan peluang. Ajax memenangi bola di tengah pada menit ke-12 dan berujung dengan sepakan Ziyech. Masih telalu dekat dengan kiper dan mudah diamankan.

Bernardeschi lolos di sisi kiri semenit berselang, tapi Mathijs de Ligt sigap menghentikannya dengan tekel yang bersih.

Peluang bagus untuk Ajax! Ziyech mendapatkan bola di depan kotak penalti pada menit ke-18 dan melengkungkan tembakan mengarah pojok kiri atas gawang. Wojciech Szczesny susah payah merentangkan tubuh menepis bola ke atas gawang.

Gantian Donny Van de Beek mengancam di menit ke-25. Tembakan kaki kirinya hanya sedikit di samping kiri gawang.

Lima menit kemudian Juventus punya peluang dari Cristiano Ronaldo. Sepakan volinya melebar saja.

Percobaan Ziyech di menit ke-35 belum menemui sasaran. Juventus kembali menebar bahaya untuk Ajax dua menit kemudian.

Umpan Alex Sandro dipantulkan Ronaldo ke Bernardeschi, diakhiri dengan sepakan keras dari jarak dekat. Tapi tendangan Bernardeschi masih melebar.

Gol Juventus! Tim tamu memimpin di menit ke-45 lewat sebuah serangan cepat. Joao Cancelo melepaskan umpan lambung terukur ke Ronaldo yang merangsek di tengah. Tanpa terkawal, Ronaldo menanduk bola dan menaklukkan Andre Onana. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Susunan pemain:

Ajax: Andre Onana; Joel Veltman, Mathijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schone, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic

Juventus: Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi, Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo (raw/mrp)


Ma’ruf Amin: Semoga Pasangan 01 Menang di Seluruh Kabupaten di Jatim

Liputan6.com, Lamongan – Calon wakil presiden Ma’ruf Amin mengisi kegiatan kampanyenya di Lamongan, Jawa Timur. Dia direncanakan akan menghadiri acara Apel Akbar Banser Se Lamongan.

Usai berkampanye, Ma’ruf Amin menyempatkan hadir ke Banyubang Bersholawat, bersama KH Ali Shodiqin atau yang biasa disapa Gus Ali Gondrong.

Dia menuturkan, kehadirannya di Lamongan, untuk memantapkan kemenangannya di Jatim. “Ya memantapkan saja. di Lamongan. (Soal target) diatas 60 lah,” ucap Ma’ruf usai mendarat di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jatim.

Pilpres 2019 nanti, lanjut dia, pasangan calon nomor urut 01 bisa menang di seluruh Kabupaten di Jatim. Sehingga targetnya bisa naik mencapai 75 persen.

“Mudah-mudahan semua Kabupaten menang, kita harapkan seluruh Kabupaten di Jawa Timur menang. (Menang 75 persen) ya kita harapkan. Kalau bisa, paling enggak diatas 60 lah,” jelas Ma’ruf.

Dia menjelaskan, apa yang ingin disampaikan ke masyarakat Lamongan adalah menjelaskan program paslon 01 yang memang sudah jelas.

“Kita punya program yang jelas, untuk membangun bangsa lebih baik, lebih maju, lebih sejahtera. Dan Pak Jokowi sudah membangun modal-modal dasarnya sudah ada, basic capitalnya sudah ada, tinggal bagaimana memperbesar dan memperluas daripada sudah yang diletakkan. Jadi lebih mudah,” ungkap Ma’ruf.

Kemudian, ia meminta agar tidak percaya kepada hoaks dan fitnah yang memang terus dilakukan orang tidak bertanggung jawab.

“Yang ketiga, jangan sampai terintimidasi, jangan sampai terintimidasi untuk tidak hadir ke TPS atau dia itu tidak Istiqomah, tidak tetap, hatinya berubah, itu yang nanti disampaikan,” pungkas Ma’ruf Amin.